sakura rain

Kamis, 04 Desember 2014

Observasi Kelompok RUN di TK Kartika 1-63 Padang


PENELITIAN PENDIDIKAN
“LAPORAN OBSERVASI”


OLEH:
KELOMPOK 7
1.    AYU CITRA DEWI                                     1200777
2.    LIDYA VINTA PUTRI                               1200779
3.    TRINELA SARI                                           1200789
4.    RAHMI SYAHPUTRI                                1200794
5.    RANI FADHILLAH                                    1200797
6.    SUCI MUHARNI                                         1200818
7.    RAHMA TIKA                                             1200822
8.    ANNISA MUHARRAMAH                       1200835



JURUSAN PG PAUD REGULER 2012
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG
Dalam mata kuliah Metodologi Pengembangan Fisik dan Motorik AUD, mahasiswa setiap minggu membuat sebuah permainan fisik motorik yang cocok untuk anak usia dini. Setelah permainan tersebut dipraktekkan oleh mahasiswa itu sendiri, maka perlu juga dipraktekkan langsung kepada AUD atau peserta didik yang ada di TK. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah permainan yang dibuat dan didesain oleh mahasiswa cocok atau masih perlu perbaikan jika dimainkan oleh peserta didik atau AUD. Untuk itu perlu diadakan observasi ke TK untuk mengetahui hal tersebut. Dan di dalam laporan ini akan dijabarkan apakah permainan yang didesain oleh “kelompok RUN” cocok untuk AUD atau masih memerlukan perbaikan.
B.       RUMUSAN MASALAH
Pada observasi kali ini, tim penulis memfokuskan untuk melihat apakah permainan yang didesain oleh kelompok RUN cocok atau masih perlu perbaikan jika dilaksanakan di TK Kartika 1-63 Jl Prof Dr Hamka Air Tawar Padang.
C.      TUJUAN
Tujuan penulisan laporan ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Metodologi pengembangan Fisik dan Motorik AUD. Adapun tujuannya yaitu agar mengetahui apakah permainan yang telah didesain telah cocok untuk anak usia dini atau masih perlu dilakukan perbaikan.
D.      MANFAAT
Laporan ini sangat bermanfaat sekali bagi penulis, karena:
a.         Memberikan kesempatan kepada penulis (mahasiswa) untuk terjun langsung ke lapangan dan dapat mempraktekkan permainan yang telah didesain kepada peserta didik.
b.         Melatih penulis dalam membuat suatu karya tulis agar terbiasa dan lebih baik.
c.         Memberikan kesempatan kepada mahasiswa (penulis) untuk lebih mengenal calon anak didiknya.
d.        Sebagai pedoman untuk pembelajaran.
e.         Sebagai motivasi untuk melakukan suatu observasi, wawancara atau membaca buku-buku yang berhubungan dengan pengembangan fisik motorik pada anak usia dini.
f.          Bertambahnya pengalaman penulis saat observasi.
Tidak hanya bagi penulis, laporan ini juga bermanfaat bagi pembaca, karena:
a.       Mengetahui jenis permainan yang dilakukan di TK Kartika saat observasi.
b.      Ikut menambah pengalaman pembaca tentang permainan-permainan fisik motorik untuk anak usia dini.
E.       Waktu dan Tempat
Tim penulis melakukan observasi di TK Kartika 1-63 Jl Prof Dr Hamka Air Tawar Padang kelas B pada hari Selasa, 25 Februari 2014, Pukul 08.00-10.00 WIB.

 
BAB II
LAPORAN OBSERVASI
A.      Permainan Advanture di TK Kartika
Permainan advanture di TK Kartika diadakan pada hari Selasa, 25 Februari 2014 pada pukul 08.00-10.00. Pada pukul 08.00 anak-anak sudah berbaris rapi di halaman kelas. Sementara itu kelompok RUN sibuk untuk mempersiapkan arena untuk permainan anak. Adapun arenanya yaitu:
·           Arena bowling. Disini anak diharapkan bisa menggelinding/ melempar bola ke arah botol-botol yang ada di depannya. Jika botol yang tumbang adalah botol yang di dalamnya terdapat petunjuk, maka anak bisa berlari ke arena berikutnya sambil membawa petunjuk tersebut. Di mana di belakang petunjuk terdapat gambar apa yang harus dilakukan anak untuk selanjutnya.
·           Arena melempar bola ke dalam keranjang. Sebelum melalui arena ini, anak-anak melewati jembatan outbond dahulu, setelah itu anak akan tiba di arena melempar bola ke dalam keranjang. Di sini anak mulai melempar bola. Bola yang disediakan berjumlah 4 bola. Anak boleh melanjutkan ke arena berikutnya dan mendapatkan petunjuk ketika semua bola telah dimasukkan ke dalam keranjang.
·           Arena melompati hulahop. Anak akan melompati 3 buah hulahop dengan kedua kaki. Pada hulahop yang terakhir terdapat kertas petunjuk lagi yang harus diambil anak untuk mendapatkan petunjuk ke arena berikutnya.
·           Arena berlari sambil menemukan petunjuk. Di sini setiap kelompok akan bersaing untuk mendapatkan petunjuk siapa yang lebih cepat. Mereka akan berlari, dan salah satu guru ada yang berperan sebagai singa, guru akan menghalang-halangi anak untuk mendapatkan petunjuk.
·           Arena slide. Anak akan melakukan gerakan slide sampai menemukan petunjuk berikutnya di ujung arena.
·           Arena lompat kodok. Anak akan melompat seperti kodok sampai menemukan petunjuk yang berikutnya.
·           Setelah semua petunjuk terkumpul, anak akan menyusun petunjuk tersebut. Mengurutkannya menjadi sebuah kata, yaitu m-e n-a-n-g. Setelah berhasil menyusun petunjuk anak akan berlari untuk menemukan harta karun yang disembunyikan.

B.       Reaksi Anak
Reaksi anak-anak di TK kartika saat mengikuti permainan advanture adalah mereka sangat antuisias dan semangat sekali dalam bermain. Hal ini dikarenakan permainan seperti ini baru mereka dapatkan. Akan tetapi mereka tampak kebingungan pada awal permainan karena instruksi yang kurang jelas, karena terjadi miss comunication antara guru dan kelompok. Tetapi hal ini bisa diperbaiki lagi pada permainan yang kedua. Anak-anak mengulangi lagi permainan advanture dengan jumlah setiap kelompoknya 2 orang, sehingga lebih mudah anak lakukan dan lebih jelas. Di sana tampak mereka bisa bekerja sama dengan baik dan dapat mencoba semua rintangan dengan mendapat giliran semua.
C.      Evaluasi/ Penilaian Permainan
Berdasarkan hasil permainan yang telah dilakukan oleh anak-anak, menurut kelompok permainan advanture yang telah didesain oleh kelompok RUN ini telah cocok untuk pengembangan fisik motorik anak. Permainannya menyenagkan dan tidak terlalu memberatkan anak. Hal ini terlihat dari reaksi anak menerima permainan advanture tersebut.
Akan tetapi, permainan ini masih memerlukan perbaikan di beberapa hal. Salah satunya adalah guru (kelompok) harus menyiapkan permainan ini lebih matang dan koordinasi antar guru (kelompok) harus jelas agar tidak terjadi kebingungan dan kekacauan saat permainan berlangsung.
Adapun hal-hal yang harus di evaluasi dalam permainan ini adalah:
·           Terjadinya miss comunication antar guru dan anggota kelompok dalam permberian instruksi kepada anak, sehingga pada saat permainan berlangsung terjadi kebingungan dan ketidakteraturan. Sehinnga untuk kemudian hari, sangat diperlukan bagi guru dan antar anggota kelompok utnuk memahami betul situasi permainan dan dapat menyampaikan instruksi kepada anak dengan benar dan dapat dipahami anak.
·           Pada permainan ini guru TK terlalu mendominasi dalam membimbing anak sehingga kelompok (mahasiswa) mendapat sedikit kesempatan untuk membimbing anak-anak itu sendiri.
·           Pada permainan yang pertama kali dilakukan, jumlah 1 kelompok ada 6 orang anak. Menurut kelompok run, permainan kurang efektif jika ada 6 orang anak dalam 1 kelompok. Hal ini dikarenakan tidak semua anak mendapat giliran untuk mencoba berbagai macam rintangan yang ada, lalu anak-anak terlalu ramai dan tidak terkontrol oleh guru satu persatu, sehingga ada anak yang hanya ikut-ikutan berlari-lari saja. Sebaiknya dalam 1 kelompok hanya 2 orang anak saja. Karena permainan akan lebih efektif. Terlihat pada saat permainan kedua yang dilakukan. Setiap anak dapat mencoba berbagai rintangan dan dapat saling bekerja sama dan makna permainan lebih terasa oleh anak.
D.      Gambar-Gambar Observasi

Suasana perkenalan sebelum memulai permainan
Pemberian Instruksi oleh kelompok

Arena bowling

Berlari melalui jembatan outbond

Arena lempar bola, lompat hulahop dan berlari



Anak berlari melalui jembatan outbond

Anak membaca petunjuk dan bersiap-siap melempar bola ke dalam keranjang

Anak melompati hulahop



Berlari dan menemukan petunjuk di arena berlari

Berlari “slide”




Lompat kodok

 
Anak menyusun petunjuk menjadi sebuah kata m-e-n-a-n-g


Anak berhasil menemukan harta karun

Anggota kelompok run sari suci, rahmi, ica, dila, ayu, vinta




Anggota kelompok run suci, sari, ica, vinta, dila, ayu, rahmi, tika


 
BAB III
PENUTUP
A.      KESIMPULAN
Setelah diadakannya observasi pengembangan fisik motorik yaitu permainan advanture di TK Kartika, kelompok run jadi mengetahui apakah permainan tersebut cocok atau masih perlu perbaikan untuk dimainkan oleh anak usia dini. Menurut kelompok run permainan advanture yang telah didesain oleh kelompok RUN ini telah cocok untuk pengembangan fisik motorik anak. Permainannya menyenagkan dan tidak terlalu memberatkan anak. Hal ini terlihat dari reaksi anak menerima permainan advanture tersebut.
Akan tetapi, permainan ini masih memerlukan perbaikan di beberapa hal. Salah satunya adalah guru (kelompok) harus menyiapkan permainan ini lebih matang dan koordinasi antar guru (kelompok) harus jelas agar tidak terjadi kebingungan dan kekacauan saat permainan berlangsung.
B.       SARAN
Antar guru dan anggota kelompok sebaiknya mempersiapkan lebih matang permainan sebelum dimainkan oleh anak dan melakukan briefing yang matang agar tidak terjadi miss comunication saat permainan telah berlangsung.












1 komentar:

  1. best online slots online for free no deposit
    Best Online Slots For Free No Deposit – Casino 인스타 셀럽 bonuses, slot machine, 로투스바카라작업 casino games and more. No Deposit 바카라 시스템 배팅 Bonus · Deposit Bonus Codes and 윈 조이 포커 Free e sport Spins.

    BalasHapus